wahyusuwarsi.com

SEHAT DAN CERIA DENGAN SENAM TOBELO

 

Lomba senam Tobello

Dua tahun belakangan ini sedang marak dan ngetrend senam di kalangan ibu-ibu dan wanita. Banyak komunitas ibu-ibu yang sedang ngetrend berlatih senam Tobelo, bahkan senam ini dilombakan dimana-mana.

Hampir di tiap peringatan atau event, tak lupa diadakan lomba senam Tobelo yang sedang ngetrend. Berbagai lomba senam Tobelo mulai dari tingkat RW hingga tingkat nasional, menampilkan gerakan senam Tobelo yang sudah dikreasikan dengan apik disertai kostum-kostum yang sangat kreatif. Seperti baru-baru ini dalam rangka memperingati hari kemerdekaan RI, telah dilaksanakan lomba senam Tobelo mulai tingkat RW hingga tingkat kota di Semarang. Saya dan penonton lain yang menyaksikan lomba tersebut, kagum dengan kreatifitas kelompok ibu-ibu yang berlomba, kreatifitas gerakan senam maupun kreatifitas kostumnya.

PENGERTIAN SENAM

Dilansir dari Wikipedia.org, senam merupakan suatu cabang olahraga yang melibatkan performa gerakan yang membutuhkan kekuatan kecepatan dan keserasian gerakan fisik yang teratur.

Beberapa senam biasanya dilakukan dengan irama atau biasa disebut senam irama, yang bisa dilakukan anak-anak hingga orang dewasa. Senam irama ini bisa dilakukan di sekolah, di rumah, bahkan di tempat terbuka (outdoor). Gerakan-gerakan senam ini biasanya dibuat gerakan yang lincah dan ceria agar peserta bersemangat.

MENGENAL SENAM TOBELO


Peserta lomba senam Tobelo
lomba-senam-tobelo
(Gambar: koleksi pribadi)


Senam-senam yang saat ini sedang ngetrend di Indonesia merupakan gerakan tari tradisional dari daerah dan gerakan tersebut telah diperbarui. Sebagai contoh adalah Senam Poco-poco (tahun 2000), Senam Maumere (tahun 2012), Goyang Maju Mundur Kiri Kanan dan kini Senam Tobelo.

Sedangkan lagu daerah pengiring senam ini berasal dari Indonesia Timur. Hal ini disebabkan karena masyarakat di daerah itu menyukai budaya lewat lagu dan tarian.

Apakah senam Tobelo itu?

Dari beberapa sumber mengatakan, senam tradisional Tobelo berasal dari nama suku Tobelo di kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara. Lagu Hioko Tobelo II juga tenar di masyarakat. Lagu ini biasa menjadi musik pengiring senam Tobelo. Senam Tobelo diiringi musik yang energik dan ceria, sehingga menambah semangat yang melakukannya.

Dilansir dari bola.com, senam Tobelo memiliki makna dan simbolis dalam budaya Tobelo yaitu untuk menyampaikan pesan-pesan budaya, tradisi atau kepercayaan yang diwariskan dari generasi ke generasi. Selain itu juga merupakan ucapan rasa syukur dan ungkapan kegembiraan dalam upacara adat atau perayaan tertentu.

Setelah kita kenalan demgan senam Tobelo, di bawah ini adalah ulasan manfaat senam pada umumnya.

MANFAAT SENAM BAGI KESEHATAN

Men sana in corpore sano atau dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Saat ini masyarakat Indonesia sudah peduli dan aware dengan kesehatan tubuhnya. Rutinitas sehari-hari yang menguras energi, setingkali menyebabkan orang lupa untuk meluangkan sedikit waktu berolahraga. Padahal olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita, baik itu untuk usia muda dan lansia disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan masing-masing.

Berikut ini adalah manfaat olahraga senam bagi kesehatan tubuh kita:

1.Senam dapat meningkatkan mood atau memperbaiki suasana hati yang tidak baik.

2. Dengan senam, bisa menurunkan berat badan hingga dapat mencapai berat badan yang ideal.

3. Menjaga kesehatan otot (menambah massa otot), sehingga tulang menjadi lebih kuat (terutama untuk lansia). Hal ini juga harus disertai asupan protein yang cukup.

4. Menambah stamina atau energi yang terjaga sehingga tubuh tak cepat lelah, baik bagi orang sehat atau yang mengalami gangguan kesehatan.

5. Tidak mudah terserang penyakit karena daya tahan tubuh meningkat. Racun dan toksin dikeluarkan lewat keringat dan organ tubuh bekerja maksimal.

6. Senam dapat meningkatkan daya ingat, karena senam meningkatkan penyebaran oksigen ke otak, sehingga fungsi otak meningkat.

7. Menurunkan resiko penyakit kronis. Penyakit kronis bisa terjadi karena kurangnya aktivitas fisik, yaitu gangguan jantung, tekanan darah tinggi. Rutin melakukan senam, mengurangi resiko terkena penyakit tersebut.

8. Melakukan senam secara rutin, membuat tidur lebih nyenyak.

9. Meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas tubuh.

10. Meningkatkan keseimbangan dan koordinasi. Hal ini disebabkan karena senam diiringi musik yang lincah, sehingga peserta senam harus bisa mengkoordinasikan dengan seimbang antara gerakan senam dan iringan musiknya

11. Meningkatkan metabolisme tubuh.

12. Meningkatkan rasa percaya diri. Menampilkan senam di berbagai tempat, dapat meningkatkan rasa percaya diri pesertanya. Baik itu dalam lomba maupun dalam event yang lain.

PENUTUP

Dengan berbagai aktivitas dan rutinitas sehari-hari yang menguras energi, kita harus selalu sadar untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain dengan asupan makanan bergizi, cara menjaga stamina agar tubuh sehat adalah melakukan olahraga senam.

Senam Tobelo sangat digemari karena melakukannya diiringi musik yang ceria, sehingga lebih semangat. Selain itu, olahraga senam juga termasuk olahraga yang murah dan tidak membutuhkan alat-alat olahraga mahal. Syaratnya adalah, harus konsisten melakukannya. Insya Allah badan kita akan lebih fit dan stamina terjaga. Salam olahraga.
Semoga ulasan ini bermanfaat bagi pembaca.

Referensi:

https://www.bola.com/ragam/read/5532322/arti-senam-tobelo-beserta-manfaat-dan-cara-melakukannya

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Senam

https://www.gooddoctor.co.id/hidup-sehat/olahraga/8-manfaat-senam-tobelo-agar-tubuh-tetap-sehat-dan-bugar/

Posting Komentar