wahyusuwarsi.com

SELAMATKAN ASET RUMAH DENGAN ASURANSI KEBAKARAN MPMInsurance

 

Kebakaran rumah

Suara raungan sirine mobil pemadam kebakaran mengagetkan sebagian warga komplek, di siang yang panas itu. Memang cuaca akhir-akhir ini panasnya sangat ekstrem dan sangat gerah.Dengan bergegas, jantung berdebar dan gemetaran, saya pun turut keluar rumah mencari sumber suara mobil pemadam. Tak disangka-sangka ternyata rumah tetangga saya terbakar. Letaknya hanya terpaut satu gang dengan rumah saya.

Rumah dua lantai yang sedang ditinggal.pemiliknya ke Jakarta, terbakar disebabkan karena hubungan pendek arus listrik (kortsleting). Rupanya karena terburu-buru, mereka lupa mencabut stop kontak yang ada di atas televisi. Dan ternyata kabelnya telah mengelupas. Baru seminggu yang lalu rumah itu ditinggal pemiliknya untuk menengok anaknya di Jakarta.

Rasanya ngeri, melihat kepulan asap hitam membumbung tinggi, yang tentunya disertai kekhawatiran bila api menjalar ke rumah-rumah di sebelahnya. Bergegas masyarakat memanggil mobil pemadam kebakaran. Satu mobil pemadam kebakaran tidak cukup untuk memadamkan api yang terlanjur membesar. Setelah berjuang melawan api, lima mobil pemadam kebakaran beserta petugasnya berhasil mengatasi kebakaran tersebut.

Alhamdulillah dalam waktu dua jam api berhasil dipadamkan. Namun, rumah itu telah habis terbakar api dan menjadi abu. Kejadian ini terjadi kira-kira dua tahun lalu. Kini rumah tersebut telah dibangun kembali oleh pemiliknya dan berdiri dengan megah.

Dari kejadian di atas, saya semakin menyadari bahwa sangat penting memiliki asuransi kebakaran, untuk menjamin aset (rumah) yang kita miliki apabila terjadi resiko yang tidak diinginkan (kebakaran).

MENGENAL ASURANSI KEBAKARAN DAN MANFAATNYA

Selama ini saya banyak mendapat tawaran asuransi dari berbagai perusahaan asuransi. Diantaranya adalah asuransi pendidikan, asuransi jiwa dan asuransi kesehatan.

Selain itu ada asuransi kendaraan bermotor, asuransi perjalanan, asuransi properti, asuransi keuangan, asuransi kargo dan asuransi kebakaran.

Asuransi kebakaran menjamin kerusakan dan kerugian properti akibat kebakaran. Properti yang dijamin meliputi rumah tinggal, gudang , ruko, kantor, pabrik, hotel dan tempat usaha lainnya. Penggantian yang diberikan oleh asuransi sesuai jenis polis yang dibayarkan selama kita menjadi nasabahnya.

Di bawah ini saya akan mengulas mengenai asuransi kebakaran rumah tinggal. Apakah pengertian dan manfaat asuransi kebakaran? Simak terus ulasannya di bawah ini.

Pengertian asuransi kebakaran adalah jenis asuransi yang memberikan perlindungan atas kerusakan pada bangunan atau harta benda yang disebabkan oleh kebakaran, tersambar petir, ledakan, tertimpa pesawat terbang dan kerusakan karena asap.


Kebakaran rumah
kebakaran-rumah-tinggal
(Gambar: pixabay.com)

Banyak manfaat dari asuransi kebakaran. Apa saja manfaat asuransi kebakaran?
Manfaat dari asuransi kebakaran adalah:
  1. Memberikan biaya ganti rugi apabila terjadi kebakaran. Dengan adanya asuransi kebakaran, kerugian yang ditanggung oleh korban kebakaran tidak terlalu besar. Ganti rugi yang diberikan atas kerusakan karena kebakaran tersebut, bisa sebagian atau keseluruhan bangunan sesuai perjanjian pada polis.
  2. Adanya bentuk perluasan jaminan yang artinya perlindungan tidak hanya karena kebakaran saja. Akan tetapi mencakup perlindungan karena resiko kerugian akibat tersambar petir, kejatuhan pesawat terbang, banjir dan kerusuhan.
  3. Asuransi kebakaran akan memberikan rasa aman pada pemilik polis, apabila terjadi resiko kebakaran.
  4. Apabila terjadi kebakaran, pihak asuransi akan menyediakan tempat tinggal sementara bagi pemegang polis, ketika rumah yang diasuransikan sedang dalam proses pembangunan kembali.
  5. Jaminan penggantian barang-barang yang rusak karena kebakaran, dengan syarat kebakaran bukan disebabkan karena kelalaian pemilik rumah.

ASURANSI KEBAKARAN DARI MPMInsurance

Dalam memilih asuransi kebakaran rumah, pilihlah asuransi yang terpercaya dan sudah berpengalaman. Beberapa saran dari relasi menyebutkan bahwa asuransi kebakaran MPMInsurance adalah asuransi terbaik untuk kebakaran rumah.

PT Asuransi Mitra Pelindung Mustika (MPMInsurance) berdiri sejak tanggal 8 Mei 2012 dan merupakan perusahaan asuransi yang berfokus pada asuransi aset yaitu kendaraan bermotor, properti, keuangan dan kargo/pengangkutan.

MPMInsurance resmi mendapat izin asuransi umum dan diawasi langsung oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan), mempunyai visi sebagai perusahaan asuransi yang terpercaya dan dapat selalu diandalkan., serta mempunyai cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pada tahun 2022 MPMInsurance dinobatkan sebagai Asuransi Terbaik 2022 untuk Kategori Asuransi Umum dengan aset di atas 1-5 Triliun Rupiah oleh Majalah Investor dan mendapat peringkat A+ dari Fitch Ratings. Fitch Ratings adalah agensi sertifikasi asuransi dan keuangan yang berasal dari Amerika Serikat.

Semakin yakin dan mantap memilih asuransi kebakaran dari MPMInsurance karena beberapa alasan yakni, sudah berdiri lebih dari 10 tahun, memiliki prestasi yang tidak diragukan lagi, mempunyai aset di atas 1-5 Triliun. proses klaim cepat, efisien dan mudah. Untuk informasi yang lebih jelas silakan buka website MPMInsurance di https://www.mpm-insurance.com/.

Demikian ulasan saya tentang asuransi kebakaran dari MPMInsurance. Semoga bermanfaat.

#MPMIWritingCompetition2024
#AsuransiKebakaran

Referensi:

https://www.mpm-insurance.com/
https://www.mpm-insurance.com/tentang-kami/
https://www.mpm-insurance.com/produk/asuransi-kebakaran/
https://ekonomi.republika.co.id/berita/r7dt6h1316000/asuransi-kebakaran-pengertian-manfaat-dan-cara-klaim

‹ Lebih lamaTerbaru ✓

1 komentar

  1. Ikut tegang baca rumah tetangganya yang kebakaran. Jadi lebih waspada ketika meninggalkan rumah. Semoga kita semua terhindar dari musibah dan dijauhkan dari mara bahaya, aamiin.

    BalasHapus