wahyusuwarsi.com

MEMPERSIAPKAN MASA DEPAN PENDIDIKAN BERSAMA MASKU DARI WOM FINANCE


MASKU dari WOM Finance



Biaya pendidikan yang makin hari makin mahal, bagi keluarga saya yang mempunyai penghasilan standart terasa sangat memberatkan. Membaca berbagai informasi dari sumber berita yang terpercaya, biaya kuliah saat ini sangat tidak masuk akal. Bahkan biaya kuliah di universitas negeri ternyata lebih mahal dibandingkan universitas swasta, terutama untuk program mandiri atau kemitraan. Biasanya dalam program penerimaan mahasiswa baru (mandiri), ada tambahan uang gedung yang nilainya untuk masing-masing fakultas berbeda-beda.. Tentu saja hal ini bagi saya terasa berat, bila saja keluarga saya tidak menabung untuk biaya pendidikan anak-anak sejak awal.

Alhamdulillah anak sulung saya saat ini sudah bekerja, dan si bungsu masih duduk di semester lima yang tentunya masih butuh biaya kuliah. Kebiasaan dalam keluarga saya, mulai menabung dalam bentuk emas (LM) sejak anak-anak di SD. Hingga pada saat kuliah, tidak begitu terasa biaya pendidikan yang harus dikeluarkan.

Awalnya dari mulai anak-anak lahir, saya membiasakan menabung untuk masing-masing anak dengan cara menabung di bank (tabungan). Tetapi seiring berjalannya waktu, ternyata cara ini bagi saya tidak efektif. Semakin bertambah usia anak, makin banyak kebutuhan mereka. Hal inilah yang menyebabkan tabungan di bank tidak bisa awet, karena sedikit demi sedikit digerogoti untuk kebutuhan mendesak.

Akhirnya, setelah berembug dengan suami, kami berdua memutuskan untuk menabung dalam bentuk emas atau Logam Mulia (LM). Ya memang awalnya jumlah uang yang disisihkan tidak banyak, berkisar 0,5 gram hingga 1gram setiap bulannya. Sedikit demi sedikit emas itu terkumpul hingga tiba saatnya dijual kembali, saat anak-anak butuh untuk biaya pendidikan. Butuh waktu beberapa tahun agar memperoleh keuntungan dari harga jual emas ini, kurang lebih 5 hingga 10 tahun.

Saya pun punya pengalaman dengan LM yang tidak pernah saya lupakan. Saat itu saya butuh uang untuk tambahan biaya masuk kuliah anak sulung, yang kebetulan diterima di sebuah perguruan tinggi swasta. Tentunya uang pangkal saat itupun tidak murah bukan? Padahal kami hanya puya uang cash yang tidak begitu banyak (tidak cukup untuk bayar uang pangkal). Kemudian saya dan suami memutuskan menjual sebagian simpanan LM ke sebuah toko emas terbesar di kota tempat tinggal kami. Alhamdulillah, saat itu juga LM laku dan dihargai dengan rate (buyback) LM pada hari itu. Dan siang itu juga, saya langsung menyetorkan uang itu untuk melunasi biaya uang pangkal kuliah anak kami (melalui bank yang telah ditunjuk universitasnya).

Nah, pengalaman lain adalah saat harus membayar uang kuliah (UKT) anak bungsu. Sebenarnya kekurangannya tidak banyak, hanya kurang 2 jutaan. Namun saat itu benar-benar kami tak cukup punya uang cash di tabungan. Solusinya ya dengan menjual (buyback) LM simpanan kami. Saat itu kami menjual LM simpanan yang beratnya 2 gram. Lumayanlah masih ada sisa hasil penjualan LM tersebut, karena memang harga emas sekarang sedang tinggi (naik). Alhamdulillah.

Tanggal 2 Agustus 2021 WOM Finance mengadakan program pembiayaan sesuai kebutuhan yaitu MASKU berupa program cicil emas dengan prinsip syariah yang menggunakan akad Murabahah (jual beli). Saya dan suami tertarik dengan program ini dan ingin mendaftar menjadi konsumen program MASKU, agar investasi emas kami aman dan kami lebih disiplin menabung untuk investasi emas. MASKU sebagai solusi untuk mempersiapkan masa depan. Cicil Emas Dimana? Ya di WOM Finance.

KEUNTUNGAN MENABUNG EMAS (LOGAM MULIA)

Menabung emas lebih menguntungkan dibanding menabung uang, karena terhindar dari inflasi. Dikutip dari cimahikota.go.id inflasi adalah kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus menerus dalam jangka waktu tertentu. Kenaikan harga dari satu atau dua barang saja tidak dapat disebut inflasi kecuali bila kenaikan itu meluas atau mengakibatkan kenaikan harga pada barang lainnya.

Dirangkum dari beberapa sumber informasi, berikut ini adalah keuntungan menabung emas:

1. Emas mempunyai nilai likwiditas yang tinggi atau mudah dicairkan. Di saat ada kebutuhan mendadak (butuh uang), emas lebih mudah dijual dan dicairkan dibandingkan investasi dalam bentuk tanah atau rumah. Menjual emas bisa langsung dicairkan, sedangkan menjual investasi tanah membutuhkan waktu dan tidak bisa langsung dicairkan.

2. Harga emas cenderung naik dan stabil, serta minim resiko karena tidak terpengaruh inflasi. Kenaikan harga emas pada umumnya di atas rata-rata inflasi (finansial.bisnis.com). Pada saat biaya hidup meningkat, harga emas cenderung naik. Emas lebih mudah diperjual belikan dibanding investasi lainnya.

3. Investasi emas banyak pilihan, yaitu bisa dalam bentuk perhiasan, emas batangan maupun koin. Tetapi lebih disarankan dalam bentuk emas batangan (LM). Mengapa demikian? Bila kita menjual emas perhiasan, harga masih dipotong dengan biaya (ongkos) pembuatan perhiasan, tetapi bila menjual LM maka harga tidak dipotong apapun dan sesuai rate pada hari saat transaksi jual beli LM.

4. Untuk membeli LM tidak dibutuhkan modal besar. Harga LM terkecil saat ini (0,5 gram) hanya sekitar 600.000 an saja.

5. Transaksi bisa dilakukan secara digital, contohnya di MASKU WOM Finance.

CICIL EMAS SYARIAH WOM FINANCE


Program cicil emas MASKU WOM Finance
program-MASKU-WOM-Finance
(Gambar: www.wom.co.id)



MASKU adalah salah satu produk dari PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk untuk pembiayaan logam mulia (emas) 24 K dengan sistem pembiayaan secara cicilan atau angsuran dan menggunakan prinsip akad syariah.

Produk MASKU hadir untuk memberi kemudahan bagi masyarakat yang ingin membeli logam mulia namun terkendala dana yang dimiliki. Prosesnya mudah dan tersedia pilihan berat emas mulai 5 gram, 10 gram dan 25 gram. Logam mulia ini asli dari PT Antam Tbk.

Uang muka terjangkau yaitu mulai 12,5% dengan cicilan tetap hingga lunas dan tidak terpengaruh fluktuasi harga logam mulia. Dengan jangka waktu angsuran fleksibel dari 12 bulan hingga 36 bulan, dengan angsuran yang ringan.

Untuk informasi lebih jelasnya buka website WOM Finance atau klik di sini. Bisa hubungi Call center (WA) 0811 1951 1 888

PENGAJUAN PROGRAM MASKU WOM FINANCE

Untuk mengikuti program MASKU WOM Finance, ada beberapa dokumen yang harus dilengkapi konsumen sebagai persyaratan yaitu:

1. Fotocopy KTP pemohon
2. Fotocopy KTP pasangan (jika yang sudah menikah dan memiliki pasangan)
3. Fotocopy KK

Setelah itu mengisi formulir pengajuan di bawah ini:


Formulir pengajuan MASKU
formulis-pengajuan-program-MASKU
(Gambar: www.wom.co.id)


Manfaat dari MASKU adalah konsumen dapat memperoleh fasilitas pembiayaan untuk memiliki logam mulia yang diinginkan, dengan melakukan pembayaran secara angsuran.

Bila pembayaran angsuran terlambat, akan dikenakan biaya tambahan berupa denda. Sedangkan bila terjadi kemacetan (tidak dapat melunasi kewajiban pembayaran), maka resikonya adalah tidak dapat memiliki logam mulia tersebut dan dikenakan biaya eksekusi agunan.

Resiko eksekusi agunan terjadi jika konsumen lalai melakukan pembayaran angsuran sesuai yang tercantum dalam perjanjian kredit, konsumen melakukan pengalihan (penggadaian) tanpa sepengetahuan WOM Finance, dan ketika menunggak pembayaran akan tercatat riwayat pembiayaan pada SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan).

Eksekusi agunan terjadi bila konsumen tidak memenuhi kewajiban sesuai dengan akad pembiayaan, maka WOM Finance akan mengajukan eksekusi agunan dengan melakukan penjualan kembali dengan biaya eksekusi Rp 0.

Sedangkan konsumen yang telah lunas akan mendapatkan Dokumen Pengambilan Objek Pembiayaan dari WOM Finance. Pengambilan fisik objek dilakukan dalam waktu 7 hari kerja, sejak konsumen mendapatkan Dokumen Pengambilan Objek Pembiayaan dari WOM Finance. Bila pengambilan lewat dari waktu 7 hari, maka pengambilan fisik objek dibatalkan oleh penyedia barang dalam hal ini adalah WOM Finance. Dan penyedia barang akan melakukan penjualan atas objek pembiayaan dengan harga jual kembali yang berlaku pada penyedia barang. Dalam hal ini konsumen menyetujui untuk mengambil hasil penjualan berupa dana di kantor WOM Finance.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk segera daftar program cicil emas dengan prinsip akad syariah.

Cicil Emas Dimana? Ya di WOM Fiance.

Referensi:

https://www.wom.co.id/

https://www.wom.co.id/promo/ayo-cicil-emas-di-wom-finance

https://cimahikota.go.id/artikel/detail/1399-sering-terdengar-di-masyarakat-kenali-pengertian-dan-penyebab-inflasi-ekonomi

https://finansial.bisnis.com/read/20240302/55/1745452/13-keuntungan-investasi-emas-dan-kekurangannya-yang-wajib-diketahui#:~:text=4.%20Likuiditas%20tinggi,kondisi%20pasar%20lain%20sedang%20sulit

3 komentar

  1. Masya Allah sangat membantu sekali mempunyai tabungan emas ya, Bun. Sudah lama pengen juga sebenarnya, tapi belum mulai-mulai juga. Bismillah... Semoga segera dimudahkan untuk punya tabungan LM. Terima kasih asih atas inspirasi nya, Bun.

    BalasHapus
  2. Investasi emas memang terasa banget saat ini, di mana semua harga kebutuhan pada mahal. Apalagi sekarang lebih dimudahkan menabung emas melalui berbagai macam cara, baik online maupun offline

    BalasHapus
  3. Menabung dalam bentuk logam mulia memang lebih efektif daripada menabung uang di bank. Bisa lebih menguntungkan pula jika disimpan lebih dari 10 tahun. Terima kasih sharing-nya, Mbak.

    BalasHapus