wahyusuwarsi.com

SUDAHKAH KITA BAHAGIA?


Keluarga bahagia


Bahagia itu kita yang ciptakan. Kebahagiaan hati berasal dari diri sendiri juga. Arti bahagia menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah keadaan atau perasaan senang dan tenteram (bebas dari segala yang menyusahkan).

Ukuran kebahagiaan tiap orang tentunya berbeda-beda. Ada orang yang mengukur kebahagiaan dari segi materi, namun banyak juga yang mengukur kebahagiaan dari hati, ketenangan jiwa dan ibadahnya. Ada orang yang merasa belum puas dan belum bahagia, jika belum memiliki rumah mewah, mobil mewah ataupun barang-barang branded. Ini adalah kebahagiaan yang dinilai dari materi saja. Akan tetapi banyak juga orang yang merasa cukup bahagia, bukan dengan materi. Contoh kebahagiaan batin misalnya, seseorang yang sudah merasa bahagia karena berhasil menguliahkan anaknya menjadi sarjana hingga anak tersebut mendapat pekerjaan, sukses dan mandiri. Seorang ibu yang bahagia karena bertemu anaknya yang merantau di tempat yang jauh, misalnya. Ada lagi kebahagiaan seseorang karena sudah diberi anugerah kesehatan sepanjang hidupnya. Jadi, ada bermacam-macam kebahagiaan dari masing-masing orang.

Saya sebagai ibu rumah tangga pun juga mempunyai rasa bahagia, tentunya bukan dalam bentuk materi. Kebahagiaan saya sebagai ibu cukup sederhana saja. Saya merasa sangat bahagia karena dikaruniai sebuah keluarga yang solid, kompak dan saling mengerti satu sama lain. Anak-anak menjadi anak yang penurut, hormat pada orang tua dan taqwa pada Allah Swt. Selain itu kebahagiaan saya saat ini adalah karena kami sekeluarga senantiasa diberikan kesehatan oleh-Nya. Saya bisa menyekolahkan anak-anak hingga sarjana dan menjadi pribadi yang dewasa serta mandiri. Sebagai orang tua, kami tidak bisa mewariskan (bahasa Jawa: nyangoni) harta, namun hanya bisa memberi ilmu yang bermanfaat untuk kehidupan dan masa depan mereka kelak.

Apa saja ciri-ciri orang yang bahagia itu?

CIRI-CIRI ORANG BAHAGIA

Beberapa ciri-ciri orang yang bahagia adalah sebagai berikut:

1. Selalu mensyukuri apapun yang ada. Orang yang bahagia selalu mensyukuri semua yang diterimanya dan mensyukuri nikmat yang diberikan oleh-Nya. Kalau orang Jawa bilang, selalu nrimo ing pandum (menerima semua yang telah dibagikan). Dalam hal ini bukan berarti pasrah, akan tetapi mereka selalu bersyukur dengan semua kondisi yang ada. Meyakini bahwa kondisi dan apa yang ada saat ini sudah digariskan oleh Allah Swt. Dan sebagai hamba-Nya kita hanya berusaha dan berdoa, namun semua hanya Allah Swt yang menentukannya.

2. Mempunyai tujuan hidup dan pandangan hidup. Dengan adanya tujuan dan pandangan hidup, sehingga lebih semangat dalam mencapai tujuan tersebut. Tentunya dalam mencapat tujuan yang benar di jalan Allah Swt.

3. Selalu berpikiran positif (positif thinking). Orang yang bahagia selalu melihat situasi apapun dengan pikiran yang positif. Bahkan dalam kondisi (situasi) buruk atau tidak nyaman baginya, dia selalu berpikiran positif. Baik pada manusia maupun pada Allah Swt.

4. Mereka selalu berusaha menemukan solusi terbaik dari setiap masalah, dan tidak merasa terbebani dengan masalah-masalah apapun.

5. Mereka tidak pernah pamer ataupun membahas pencapaian mereka. Dengan kata lain adalah tidak sombong dan selalu rendah hati.

PERILAKU ORANG BAHAGIA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Setelah membahas ciri-ciri orang bahagia, di bawah ini adalah perilaku orang yang bahagia dalam kehidupan sehari-hari. Apa sajakah itu?

1. Ramah tamah terhadap siapapun dan selalu memberikan kebaikan. Tidak pernah curiga terhadap orang lain dan selalu mempunyai pikiran positif.

2. Memanfaatkan waktu sebaik-baiknya dan menggunakannya untuk melakukan hal-hal positif. Tak jarang mereka juga membuat jadwal aktivitas secara rutin (agenda harian sampai tahunan).

3. Menjalani semua aktivitas dengan santai dan tanpa beban. Semua berjalan sewajarnya dan tidak ngoyo. Selalu tersenyum pada tiap orang (kenalan), hatinya penuh kedamaian dan sinar matanya berbinar dengan penuh kebahagiaan.

4. Mempunyai motivasi untuk hidup sehat. Bagaimana caranya? Yaitu dengan pola makan sehat, aktivitas fisik yang sehat, rajin berolah raga secara rutin untuk menjaga kesehatan tubuhnya.

5. Setiap malam bisa tidur nyenyak, dengan jam tidur yang teratur.

6. Beribadah dengan tulus, ikhlas dan menyerahkan semuanya pada-Nya.

Nah, bagaimana arti bahagia menurut teman-teman?Tuliskan di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat.

Referensi:
 
https://www.liputan6.com/citizen6/read/5615009/5-tanda-orang-yang-bahagia-terlihat-dari-kebiasaan-sehari-harinya?page=10

Posting Komentar