wahyusuwarsi.com

ARTI MERDEKA BAGI IRT YANG SUKA MENULIS

Ibu sedang membaca


Bulan Agustus adalah bulan bersejarah bagi bangsa Indonesia untuk merayakan kemerdekaannya. Kemerdekaan yang telah lama dicita-citakan bangsa ini untuk bebas dari penjajahan. Kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan pembela bangsa.

Hari kemerdekaan di Indonesia dirayakan dengan berbagai kegiatan, baik itu di kantor pemerintahan, di perusahaan, di sekolah, di perkampungan dan komplek-komplek perumahan. Biasanya setelah dilaksanakan upacara, mereka menyelenggarakan berbagai acara perlombaan, pentas seni dan tirakatan. Perlombaan itu tak hanya untuk anak-anak saja, namun juga untuk orang dewasa. Demikian juga lomba untuk ibu-ibu PKK dari tingkat RT, RW, Kelurahan, Kecamatan, Kota dan Propinsi turut memeriahkan acara hari kemerdekaan. Berbagai lomba misalnya lomba memasak, membuat tumpeng, lomba senam, paduan suara dan banyak lagi lomba-lomba lain yang disambut dengan antusias oleh masyarakat.

Apakah arti merdeka?

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), merdeka berarti kebebasan, lepas dan tidak terjajah. Merdeka dapat juga berarti bebas dari belenggu, kekangan, aturan dan kekuasaan pihak tertentu. Makna lain merdeka yaitu bertanggung jawab terhadap lingkungan, masyarakat dan negara. Dalam agama Islam, merdeka adalah kebebasan yang terikat dengan aturan-aturan Allah Swt.

ARTI MERDEKA BAGI IBU RUMAH TANGGA

Makna merdeka bagi seorang ibu rumah tangga tentu berbeda dengan seorang ibu bekerja ataupun wanita single. Dalam hal ini makna merdeka bagi tiap orang berbeda-beda. Saya pun pernah mengalami mempunyai anak yang masih bayi atau balita, saat itu benar-benar menyita waktu dan rasanya tidak punya waktu untuk mengurus diri sendiri. Karena selain harus mengurus anak, kebetulan saat itu tidak ada ART yang bisa menghadle pekerjaan domestik alias pekerjaan rumah tangga. Pekerjaan rumah tangga, pekerjaan yang tidak akan ada habisnya.

Bagi seorang ibu rumah tangga terutama yang masih punya bayi dan balita, arti merdeka adalah:

1. Mempunyai waktu istirahat yang cukup, yaitu tidur yang cukup. Bagi ibu-ibu muda yang masih mempunyai balita, sulit sekali mempunyai waktu tidur yang berkualitas, karena jam tidur anak tidak sesuai (tidak cocok) dengan jam tidur ibu. Jadi sebaiknya saat anak tidur siang, ibu juga berusaha untuk tidur sejenak (kurang lebih 30 menit), untuk beristirahat dan supaya badan lebih segar kembali.

2. Bisa menikmati makan dengan tenang dan tidak tergesa-gesa. Ibu yang mempunyai bayi maupun balita sering tidak punya waktu makan yang tenang. Andaikan ada kesempatan makan, pasti terburu-buru dan makan dengan tidak tenang. Sebaiknya pilih waktu makan yang tepat yaitu saat anak sedang tidur maupun sedang asyik bermain. Sebelumnya persiapkan makanan kesukaan ibu dan atur meja makan hingga menimbulkan selera makan. Bila memungkinkan, mintalah tolong pada seseorang untuk menjaga anak sementara ibu menikmati makanan.

3. Bisa mandi dan membersihkan diri dengan bersih dan segar. Seringkali ibu yang masih punya bayi atau balita tidak mempunyai cukup waktu untuk membersihkan diri (mandi), padahal mandi adalah kebutuhan utama tiap orang. Usahakan mandi pada saat anak sedang tidur atau minta bantuan orang lain untuk menjaga anak, saat ibu sedang mandi.

4. Bisa melakukan hobi yang disukai misalnya berkebun, menjahit, nonton drakor, membaca atau menulis. Tetapi pada kenyataannya ibu sering tidak punya kesempatan melakukan hobinya. Mungkin bisa diusahakan saat anak sedang tidur nyenyak, ibu mempunyai kesempatan membaca buku favoritnya atau menulis.

5. Merdeka sejenak bisa “me time” tanpa diganggu pekerjaan rumah tangga yang menumpuk. Meluangkan waktu untuk diri sendiri adalah salah satu bentuk penghargaan atas apa yang telah kita lakukan.

6. Merdeka dan bahagia bila anak sehat pertumbuhan dan perkembangannya serta gizinya terpenuhi.

7. Merdeka secara finansial sehingga kebutuhan pokok dan kebutuhan dapur terpenuhi. Dalam hal ini ibu mempunyai kendali untuk mengatur finansial keluarga. Seringkali seorang ibu rumah tangga hanya bergantung pada penghasilan suami. Tetapi di era digital ini, seorang ibu rumah tangga bisa menjalankan bisnis dan usaha dari rumah, untuk menambah penghasilan keluarga. Misalnya usaha jualan online pakaian, usaha membuat makanan rumahan dan masih banyak lagi yang lainnya.

8. Merdeka bisa bersosialisasi dalam suatu komunitas. Hal ini juga untuk menjaga kesehatan mental dan emosionalnya.

ARTI MERDEKA BAGI IRT YANG SUKA MENULIS


ibu sedang menulis
seorang-ibu-sedang-menulis
(Gambar: pinterest)


Saya adalah seorang ibu rumah tangga yang suka menulis. Merdeka bagi saya adalah bila saya mempunyai waktu luang untuk menulis tanpa gangguan apapun itu. Sebagai ibu rumah tangga tentunya ada kewajiban dan tanggung jawab yang harus dijalani. Salah satu rutinitas adalah mengerjakan pekerjaan domestik yang tidak ada habisnya dan tak kenal waktu, apalagi saat ini saya tidak didampingi seorang ART.

Di sela-sela kesibukan dan kewajiban sebagai ibu rumah tangga, setiap hari tak terlewatkan selalu saya sempatkan untuk menulis, walaupun hanya satu jam. Menulis saya lakukan setelah semua pekerjaan domestik selesai. Kira-kira setelah dzuhur baru saya bisa menulis. Atau bila tak ada waktu, malam hari selalu saya sempatkan menulis, baik itu tulisan organik maupun beberapa job menulis.

Alhamdulillah sejak rajin ngeblog, mulai ada beberapa brand yang menawarkan kerja sama untuk mereview produk mereka. Kadang-kadang saya juga berkesempatan mengikuti kegiatan (blogger gathering) dari komunitas blogger yang saya ikuti.

Nah, itu tadi makna merdeka ala saya, seorang ibu rumah tangga yang suka menulis. Merdeka bagi saya yaitu bisa melakukan hal-hal yang saya sukai tanpa ada gangguan dari manapun atau dari siapapun. Tentu saja dalam hal ini adalah melakukan hal-hal yang positif. Bagaimana menurut teman-teman?

Referensi:

https://unifam.com/en/blog/arti-merdeka-untuk-ibu-rumah-tangga

https://cimahikota.go.id/index.php/artikel/detail/988-inilah-5-makna-merdeka-bagi-ibu-rumah-tangga

Posting Komentar