wahyusuwarsi.com

BLOGSPEDIA SPESIAL IDUL ADHA TENTANG HAJI DAN UMROH

 

IG Live Blogspedia

Dalam rangka hari raya Idul Adha, Blogspedia coaching mengadakan acara live Instagram pada tanggal 21 Juni 2024. Acara tersebut menghadirkan pembicara Ibu Rita Rhoy Kana, beliau adalah owner Hasanah Tour Semarang. Acara live dimulai tepat pukul 19.00 WIB dengan host Kang Ugi (Ketua Blogspedia Community). Acara yang mengangkat tema Hajj dan Umrah 101: yang Perlu Diketahui Tentang Haji dan Umroh ini cukup seru, hingga waktu satu jam terasa kurang lama, kata sebagian peserta.

Ibu Rita benar-benar menjelaskan secara detail dan rinci tentang materi. Apa saja yang perlu dipersiapkan dan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk umroh, serta masih banyak lagi informasi penting yang harus diketahui bila kita akan umroh. Di artikel ini saya akan menuliskan kembali materi Instagram live yang tadi malam saya ikuti.

DEFINISI MAMPU UNTUK BERANGKAT UMROH


Suasana ibadah haji di tanah suci
suasana-di-tanah-suci
(Gambar: pinterest.com)


Menurut ibu Rita, definisi seseorng mampu berangkat haji atau umroh itu sangat individual. Jadi untuk berangkat haji/umroh, tergantung bagaimana seseorang memaknai atau mendefinisikan kata “mampu” menurutnya, mampu secara finansial dan mampu secara fisik. Bila merasa belum mampu secara finansial, untuk berangkat umroh kan bisa dicicil dengan menabung. Banyak contoh kejadian yang menurut kita tidak masuk akal, tapi bisa terjadi karena kehendak Allah Swt, misalnya tukang bersih-bersih rumput yang mendaftar berangkat umroh (seperti diceritakan ibu Rita), ada tukang sayur berangkat umroh dan masih banyak lagi orang-orang yang menurut kita tidak mampu berangkat, tetapi ternyata malah bisa berangkat umroh karena Allah Swt. Mereka mempunyai niat yang kuat untuk mewujudkan keinginannya mengunjungi Baitullah.

Demikian juga dengan masalah kesehatan fisik, yang ternyata banyak juga bapak ibu yang sudah sepuh bisa berangkat haji/umroh. Beberapa ada juga yang cacat fisik, bahkan ada yang rutin cuci darah tapi masih berkeinginan berangkat umroh (sepeti diceritakan ibu Rita), jadi disana ibu Rita sempat mengantar jamaah umroh tersebut ke rumah sakit untuk cuci darah.

Dalam QS Ali Imron ayat 96-97 disebutkan:

“Sesungguhnya rumah (ibadah) pertama yang dibangun untuk manusia, ialah (Baitullah) yang di Bakkah (Mekah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi seluruh alam.”

“Di sana terdapat tanda-tanda yang jelas, (di antaranya) maqam Ibrahim. Barangsiapa memasukinya (Baitullah) amanlah dia. Dan (diantara) kewajiban manusia terhadap Allah adalah melaksanakan ibadah haji ke Baitullah, yaitu bagi orang-orang yang mampu mengadakan perjalanan ke sana. Barangsiapa mengingkari (kewajiban) haji, maka ketahuilah bahwa Allah Mahakaya (tidak memerlukan sesuatu) dari seluruh alam.”

Jadi sebenarnya semua orang dipanggil oleh Allah Swt untuk haji maupun umroh, tetapi ada orang yang merasa terpanggil, ada orang yang merasa tidak terpanggil (merasa tidak mampu) atau bahkan tidak tahu adanya panggilan tersebut.

PERSIAPAN UMROH ATAU HAJI

Haji maupun umroh adalah ibadah fisik yang berat (mikot, tawaf 7 kali, sai, tahalul, dan wukuf untuk yang berhaji). Karena itulah sebelum berangkat hendaknya dibutuhkan persiapan yang benar-benar matang supaya disana bisa menjalankan ibadah dengan maksimal.

Persiapan yang harus dilakukan selain niat dan ikhtiar yaitu:

1. Sebelum berangkat haji/umroh, perbanyak ilmunya untuk menjawab “why” (kenapa berangkat haji/umroh). Niatkan untuk berangkat.

2. Pilihlah biro travel yang sudah mempunyai ijin PIHK (Penyelenggara Ibadah Haji Khusus) dan PPIU (Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah). Selain itu lihat track recordnya, lihat lokasi kantornya dan cek pemilik atau pengurus biro travel tersebut.

3. Kemudian untuk persiapan teknis bagi pria mengenakan baju ihram, sedangkan untuk wanita harus menutup aurat dengan benar.

4. Bagi wanita sebaiknya pilih tanggal berangkat umroh yang waktunya jauh-jauh hari sebelum datang bulan. Untuk mencegah hal ini terjadi, bisa ikhtiar dengan minum pil penunda haid. Namun bila setelah ada disana datang haid, apa yang harus dilakukan? Yakinilah bahwa haid adalah takdir Alloh swt sehingga kita tidak kecewa dengan datangnya haid tersebut. Walaupun mungkin tidak bisa shalat di Masjidil Haram, akan tetapi masih mendapatkan pahala-Nya.

5. Bila umroh pada saat musin dingin (suhu 15-16 derajat Celcius), pakailah pelembab agar kulit tidak kering (pelembab untuk bibir dan kulit kaki), kaos kaki, jaket tebal dan perbanyak minum agar tidak dehidrasi. Untuk umroh pada musim panas (suhu 45 derajat Celcius), pakailah pelembab bibir, kulit kaki diolesi pelembab, perbanyak minum, pakailah topi lebar dan kacamata. Biasanya suhu pada saat haji bisa mencapai 51 derajat Celcius.

6. Umroh pada peak season biasanya ramai dan biayanya tinggi, sedangkan umroh yang sepi adalah setelah ibadah haji. Peak season yaitu bulan ramadhan, awal tahun dan akhir tahun.

PERTANYAAN DARI PESERTA

1. Bagaimana caranya bila ingin menabung untuk haji/umroh? Menabung atau setor tabungan di lembaga keuangan yang menjadi mitra biro travel, bisa dengan nominal tetap maupun tidak tetap tiap bulan. Kemudian setelah dana terkumpul, akan disetorkan sebagai DP ke biro travel tersebut.

2. Kapan waktu yang tepat untuk umroh? Sepanjang tahun bisa dilakukan/bisa disesuaikan.

3. Berapa harikah umroh? Ada yang 9 hari, 12 hari dan 1 bulan (umroh ramadhan). Biasanya ke Madinah (makam Rasul), ke Raudah kemudian umroh (3 sampai4 kali).

4. Kalau sesuai musim di Arab, sebaiknya umroh di bulan apa? Bulan Desember, Januari, Pebruari, Maret adalah musim dingin disana. Sedangkan bulan Juni, Juli, Agustus, September adalah musim panas. Jadi kita tinggal menyesuaikan saja, di bulan apa hendak berangkat umroh.

5. Berapa biaya umroh? Biaya umroh berkisar 25 juta.

6. Bagaimana bila masih dalam antrian haji, tetapi yang bersangkutan meninggal dunia? Ibadah haji dialihkan ke ahli warisnya.

7. Apa perbedaan haji reguler, haji ONH plus dan haji Furoda?

Haji reguler adalah haji sesuai kuota pemerintah dengan biaya 48 juta. Pendaftaran 25 juta untukmendapatkan nomor kursi, kemudian pelunasan menunggu tanggal keberangkatan.

Haji ONH, masa tunggu 7 tahun sesuai kuota pemerintah dengan fasilitas bintang 3 atau bintang 5.

Haji Furoda, merupakan undangan kerajaan dengan biaya yang tidak sedikit.

8. Apa yang disebut umroh mandiri? Umroh mandiri diperbolehkan (dikelola sendiri), tetapi harus dipelajari rukun-rukunnya, Kekurangannya yaitu resiko ditanggung sendiri (misalnya sakit, tersesat dan sebagainya).

Yang tidak diijinkan adalah mengumpulkan dan memfasilitasi orang untuk berangkat umroh (misalnya menguruskan pembelian tiket, mengurus visa) tetapi tidak punya ijin PPIU. Saat ini umroh diperbolehkan menggunakan visa wisata maupun visa kunjungan, jadi tidak harus dengan visa umroh.

9. Bagaimana pendapat ibu tentang ngonten selama ibadah haji/umroh? Kembali ke individunya, niat membuat konten itu untuk apa, sepanjang tidak mengganggu konsentrasi ibadah. Sedangkan mengambil foto untuk kenang-kenangan diperbolehkan tetapi harus tahu waktu dan tempatnya.

Nah itu tadi ulasan saya tentang haji dan umroh sebagai tema dari Blogspedia Spesial Idul Adha. Semoga bermanfaat.

 

Posting Komentar