wahyusuwarsi.com

PENYALURAN HEWAN QURBAN BERSAMA ALUMNI SMA 3 (ALSTE PENGAJIAN)

Idul Adha di SMA 3


Hari Raya Idul Adha (Idul Qurban) adalah hari raya umat Islam yang diperingati setiap tanggal 10 Dzulhijjah. Idul Adha diperingati untuk mengenang pengorbanan Nabi Ibrahim AS terhadap putranya, Nabi Ismail AS. Beliau diperintahkan oleh Allah Swt untuk mengorbankan Nabi Ismail AS dengan menyembelihnya. Dan karena Nabi Ibrahim AS sangat taat pada Allah Swt maka dilaksanakanlah perintah itu. Akan tetapi oleh Allah Swt saat itu juga Nabi Ismail AS diganti dengan seekor domba besar yang putih bersih.

MAKNA IDUL ADHA

Dalam Al-Qur’an ayat yang berhubungan dengan Idul Adha terdapat pada:

QS al-Kautsar ayat 2:
“Maka shalatlah kepada Tuhanmu dan sembelihlah hewan kurban.”

Kisah Nabi Ibrahim AS yang menyembelih anaknya, menjadi dasar ibadah kurban bagi umat Islam, yang dilaksanakan pada tanggal 10 Dzulhijjah (Idul Adha) dan hari tasyrik (11-13 Dzulhijjah).

Hewan yang dapat dijadikan kurban adalah unta, sapi, kambing dan domba. Dengan berkurban menunjukkan ketaqwaan kita pada Allh Swt. Sedangkan makna dari Idul Adha adalah menunjukkan pengorbanan, kesabaran, keikhlasan, ketakwaan, rasa syukur, dermawan dan rasa sosial terhadap sesama. Hewan kurban itu dapat dibagikan kepada kaum dhuafa, orang-orang yang tidak mampu, kerabat maupun tetangga.

IDUL ADHA BERSAMA ALSTE PENGAJIAN


Idul Adha di SMA 3
Idul-Adha-di-SMA-3
(Gambar: koleksi pribadi)

Alste Pengajian adalah Sub Bidang dari Alste Indonesia, yaitu alumni dari sekolah negeri favorit di kota Semarang (SMA Negeri 3). Sepeti tahun-tahun sebelumnya, dalam rangka Idul Adha, Alste Pengajian menerima amanah dari para alumni untuk menyalurkan hewan kurban (berupa kambing maupun sapi). Hewan-hewan kurban tersebut nantinya akan disalurkan ke daerah-daerah yang minus kurban (di Semarang dan sekitarnya).

Demikian juga tahun 2024 ini, Alste Pengajian mulai menggalang hewan kurban dari teman-teman alumni. Dan Alhamdulillah tahun ini terkumpul 1 ekor sapi dan 11 ekor kambing dari alumni berbagai angkatan. Kurban berupa 1 ekor sapi dari alste 86, disalurkan ke masjid Ahlul Jannah SMA 3 Semarang. Sedangkan 11 ekor kambing merupakan amanah dari alste 79 (1 ekor), alste 80 (2 ekor), alste 84 (1 ekor), alste 86 (1 ekor), alste 90 (2 ekor), alste 91 (1 ekor), alste 92 (1 ekor), alste 98 (1 ekor), alste 99 (1 ekor). Penyaluran kurban kambing ditujukan untuk mushala atau masjid yang minus kurban, antara lain mushala Al Falah Gunung Brintik, Masjid Al Firdaus Tambakrejo kampung nelayan, Masjid At Taubah Karanggawang, Masjid Jami Baiturrahim Sendang Muyo dan juga rekan-rekan alste yang membutuhkan (kurang mampu).

penyaluran-kurban-di-beberapa-masjid
(Ganbar: koleksi pribadi)
 

PENYALURAN HEWAN KURBAN DI SMA 3 SEMARANG

Penyembelihan hewan kurban sapi dilaksanakan di SMA 3 Semarang pada hari Selasa (11 Dzulhijjah), karena pada hari itu murid-murid libur. Pembagian hewan kurban dilaksanakan oleh bapak ibu guru dan teman-teman Alste (Alumni SMA 3). Hewan kurban sapi disalurkan kepada guru-guru SMA 3, karyawan SMA 3 (satpam, cleaning service, marbot masjid dan driver), murid-murid yang kurang mampu dan sebagian kepada teman-teman Alste yang kurang mampu.


Alste Pengajian dan Kepsek
Alste-Pengajian-bersama-Kepsek
(Gambar: koleksi pribadi)
 
Kami panitia dari Alste Pengajian mengundang teman-teman Alste Indonesia lintas angkatan menghadiri acara penyembelihan dan penyaluran kurban di SMA 3. Acara dilanjut dengan nyate bareng, di depan ruang sekertariat Alste. Jumlah peserta yang hadir lumayan juga, kira-kira 30 orang dari lintas angkatan. Acara berlangsung santai, guyub dan lancar.


nyate-bareng-Alste-Pengajian
(Gambar: koleksi pribadi)

Terima kasih kepada sohibul qurban yang telah menyerahkan amanah kepada Alste Pengajian untuk menyalurkan hewan kurbannya. Semoga amal ibadahnya mendapat pahala dari Allah Swt. Terima kasih kepada teman-teman Alste Pengajian dan Alste Indonesia atas kebersamaannya sehingga acara ini berjalan lancar. Barokallah.

Referensi:

https://www.birdsnbees.co.id/makna-idul-adha-menurut-al-quran/

https://www.liputan6.com/islami/read/5324491/kisah-nabi-ibrahim-diperintah-allah-sembelih-nabi-ismail-dalam-al-quran-sejarah-kurban

Posting Komentar